Categories
Artikel

Perlu Dicoba, Beberapa Tips Menemukan Jodoh yang Baik Menurut Islam

Apakah anda menyadari bahwa rezeki, jodoh dan kematian adalah hak dan hanya Allah SWT yang mengetahuinya. Sebagai manusia hanya bisa berkewajiban berusaha dan berdoa kepada Allah SWT misalnya dalam hal mencari jodoh.

Semua orang pastilah mendambakan mendapatkan jodoh yang baik dan benar guna menemani anda melalui masa-masa hidup ini. Namun ada kalanya seseorang merasa bahwa dirinya kesulitan untuk mencari dan menemukan seorang jodoh. Sehingga di usia yang sudah tidak lagi muda belum juga menemukan pasangan hidup.

 

Berikut kami berikan beberapa tips menemukan jodoh yang tepat dalam Islam yang perlu dicoba. Yuk langsung disimak tips-tipsnya.

1. Selalu berdoa kepada Allah SWT dan menyerahkan semuanya hanya kepada-Nya

Pokok dari segalanya adalah doa. Dengan berdoa maka anda akan menjadi lebih dekat dengan Allah dan hati pun merasa lebih tenang. Berdoa dan menyerahkan masalah jodoh kepada Allah merupakan solusi terbaik setelah anda berusaha mencari pasangan hidup. Agar doa-doa yang dipanjatkan bisa dikabulkan oleh Allah SWT maka anda harus selalu mawas diri dengan cara intropeksi diri mengenai hal-hal yang mungkin masih salah hubungannya dengan cara hidup anda. Dengan selalu mawas diri maka ada keyakinan kuat yang didukung dengan amal-amal ibadah lainnya maka Insha Allah doa yang anda panjatkan akan dikabulkan Allah SWT.

2. Tidak terlalu tinggi dalam menentukan kriteria jodoh yang diinginkan

BACA JUGA:  Tips Menemukan Pasangan Bagi Anda Yang Masih Single

Menentukan kriteria jodoh memang tidak salah. Namun perlu diingat bahwa dalam menentukan kriteria juga harus disertai cara memandang diri sendiri terlebih dahulu. Jodoh dalam hal ini adalah ibarat cerminan terhadap diri sendiri dari diri anda sendiri. Adapun kriteria yang terlalu tinggi dan harus mendekati sempurna akan mempersulit diri sendiri dalam menemukan jodoh yang sesuai dengan kriteria yang anda harapkan. Hindari untuk menuntut orang lain agar menjadi sempurna, mengingat diri sendiri juga mempunyai banyak kekurangan dan jauh dari kata sempurna.

3. Ungkapkan secara langsung dan jelas, jika sudah menemukan pasangan hidup yang dirasa cocok dan pas dijadikan istri

Jika anda sudah menemukan kecocokan di antara keduanya saat melalui proses ta’aruf maka sebaiknya langsung diungkapkan guna membangun rumah tangga. Baik laki-laki yang mendahului untuk mengungkapkannya tetapi perempuan juga boleh. Asal ada kecocokan dan tidak membawa buruk bagi orang yang disukai, maka ada baiknya jika segera mengatakannya secara langsung.

Mengatakan secara langsung dan terbuka adalah cara yang pas terlebih untuk seorang laki-laki yang sudah cukup usia apalagi mapan. Jika terus mengulur waktu maka bisa jadi orang yang disukai akan didekati oleh orang lain.

4. Senantiasa memperbaiki diri

Selain rajin berdoa dan berusaha dalam menemukan jodoh, harus disertai dengan kemauan untuk memperbaiki diri dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Memperbaiki diri bisa dilakukan mulai dari memperhatikan sikap dan cara-cara ibadah yang mungkin masih kurang dilakukan. Selalu berusaha dengan optimal untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik maka Insya Allah SWT akan mempercepat datangnya jodoh.

BACA JUGA:  Tips Kencan Hemat Rayakan Valentine Bersama Pacar

5. Memperluas pergaulan yang baik serta sikap-sikap positif

Bergaul, bersosialisasi dan bermasyarakat sangatlah penting dilakukan saat usia mulai menginjak masa remaja menuju dewasa. Ini memiliki fungsi untuk melatih kepekaan sosial dalam hidup bermasyarakat dan untuk memperluas dan memperbanyak teman. Karena bisa saja jodoh datang dari orang-orang terdekat misalnya tetangga, sahabat atau rekan kerja di kantor. Membuka diri perlu dilakukan sebagai usaha untuk mendapatkan jodoh. Namun perlu diingat, bergaullah dengan cara-cara yang baik dan benar sesuai ajaran Islam. Luasnya pergaulan dan jaringan pertemanan bisa menjadi alternatif untuk meminta tolong dalam urusan menemukan jodoh yang tepat.

6. Berusaha selalu untuk menghindari hubungan yang tidak membawa kemanfaatan

Di kalangan anak-anak muda kekinian, pacaran sudah menjadi trend an bukan hal yang asing lagi dilakukan. Pacaran bisa mendatangkan hal-hal negatif diantara kedua belah pihak jika dijalankan dengan cara yang keliru. Pada dasarnya sebuah hubungan yang baik dan benar akan terjadi karena dibangun oleh dua orang yang saling memahami dan sama-sama saling menasihati dalam kebaikan. Maka dari itu berusahalah untuk pacaran yang bisa mendatangkan kebaikan dan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT agar jodoh lebih dekat.

BACA JUGA:  Tips Menemukan Pasangan Bagi Anda Yang Masih Single

Jika berpacaran tujuannya untuk lebih mengenal calon pasangan hidupnya, sebenarnya ada hal lain yang bisa dilakukan sesuai jalan Agama Islam yaitu ta’aruf. Tetapi jangan salah mengartikan ta’aruf yang berkedok pacaran, karena pada hakekatnya ta’aruf jauh berbeda dengan pacaran dan merupakan hal yang bertolak belakang satu dengan lainnya.

7. Jangan pernah putus asa dan teruslah berusaha

Putus asa bukanlah sebuah solusi, putus asa adalah menjadi pertanda bahwa iman anda masih rendah. Karena dengan mudah putus asa bisa menjadi salah satu bentuk ketidakyakinan dan tidak bersyukurnya anda terhadap apa yang Allah berikan.

Karena yang sebenarnya masalah jodoh sudah dijelaskan dalam firman Al-Quran surat Ar Ruum ayat 21 :

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.”

Sudah menjadi ketentuan Allah bahwa jika setiap manusia telah disiapkan untuk berpasangan. Dalam hal ini tentu janganlah merasa cemas apalagi putus asa dalam hal jodoh. Bersabarlah serta memperbanyak usaha agar jodoh yang ditunggu-tunggu segera datang.